Friday, October 23, 2015

Mengenal Dasar-dasar HTML untuk Pembuatan Website

Pengertian dan Penjelasan HTML


Mengetahui apa itu HTML – HTML adalah bahasa pokok yang harus dipahami apabila kamu ingin membuat situs web. HTML adalah bahasa persatuan di dunia situs web. Kenapa? Sebab semua bahasa pemrograman pembuatan situs bakal menghasilkan kode HTML pada akhirnya, contohnya bahasa pemrograman PHP, ASP.Net, JavaServerPages, dan tetap tak sedikit lagi.

Sebelum kamu nantinya mengetahui lebih jauh apa itu HTML, kamu bisa memakai editor teks Notepad++ . Notepad ++ adalah aplikasi editor teks yang mempunyai fitur yang tidak sedikit.

Jadi Apa itu HTML? HTML adalah singkatan dari hypertext markup language. Bahasa HTML terdiri dari tag dan aturan-aturan yang memungkinan kamu membuat dokumen hypertext. Contoh dokumen hypertex adalah halaman web.
membuat halaman web dengan bahasaa HTML benar-benar mudah, kamu hanya butuh mengetikan teks lalu memasukan tag-tag khusus dimana tag ini bakal mempengaruhi desain teks yang ada di antaranya. Semacam inilah garis besar format penulisan tag HTML:

<TAG>Teks yang bakal diisi</TAG>

Dari format diatas, bisa dilihat bahwa tag HTML itu mempunyai dua jenis, yaitu tag pembuka dan tag penutup. Tag pembuka dan tag penutup mempunyai perbedaan dengan menambahkan karakter “/” pada tag penutup. Contoh Tag Pembuka <contoh> maka bakal ditutup oleh tag penutup </contoh>.
Dari sekian tak sedikit tag yang ada. Tag-tag yang harus ada di setiap webpage adalah tag yang mendefinisikan struktur halaman. Tag ini harus hukumnya ada di setiap halaman web. Untuk mendefinisikan struktur dokumen HTML, tahap awal dari semua kode harus diawali dengan kode <html> dan lalu ditutup dengan kode </html>.
Jadi semua kode diantara tag inilah yang dianggap sebagai dokumen HTML. Berikut ini merupakan format dari HTML tersebut:
<html>
Kode yang berada disini adalah dokumen HTML
</html>

 Di dalam tag <html> tetap dibagi menjadi dua tag lagi. Tag pertama adalah  <head> dan diakhiri dengan </head> juga.  Manfaatnya adalah menawarkan halaman HTML tersebut. Format penulisannya adalah sebagai berikut:
<html>
<head>
Tulisan tentang halaman web
</head>
</html>

Seusai <head> tetap tersedia juga <body> yang bermanfaat untuk meletakan teks dan beberapa h iasan dan berkas multimedia di halaman web. Peletakkan tag <body> adalah pada tahapan bawah penutup tag <head>. Formatnya adalah:
<html>
<head>
Disini head
</head>
<body>
Semua tag body diletakan di sini
</body>
</html>

Mungkin hanya itulah yang bisa saya sampaikan mengenai pengertian dan penjelasan HTML, terbukti struktur halaman HTML sangat mudah dan simple. Bagi kamu yang baru belajar sekalipun bakal langsung bisa mempraktikannya. Oke,  sekian postingan hari ini semoga berguna, dan apabila ada yang tak lebih kamu bisa menanyakannya dikolom komentar.

Simak juga ulasan 8 Template Blog SEO Friendly Terbaik

Related Posts

Mengenal Dasar-dasar HTML untuk Pembuatan Website
4/ 5
Oleh