Thursday, June 25, 2015

Penyebab Panu Pada Tubuh dan Cara Mengatasinya

 Apa itu panu? Cara mengatasi panu? - Halo bro. Apa kabar nih? Semoga sehat selalu. Sudah lama saya tidak memposting artikel di blog ini, karena kesibukkan banyak hal salah satunya di sekolah. Oleh karena itu, saya rasa perlu untuk mengupdate sesekali walau tugas saya masih menumpuk. Sekalian buat refreshing. Kali ini saya putuskan untuk memberi petunjuk bagaimana cara menghilangkan panu pada tubuh.

Ilustrasi panu
Panu pada sekujur tubuh


Artikel yang saya posting ini adalah mengenai cara mengatasi panu. Seperti yang diketahui, panu (atau biasa disebut juga panau) adalah penyakit pada wajah yang menyebabkan bintik-bintik putih disekitar permukaan kulit yang disebabkan oleh jamur. Dan tentunya, hal ini cukup membuat diri Anda yang terkena penyakit ini merasa malu, dan hilanglah kepercayaan diri.

Banyak orang beranggapan (mitos) bahwa penyakit ini disebabkan oleh jarang mandi, lantas benarkah perihal tersebut? Jawabannya salah, coba Anda baca penyebab terjadinya panu yang tepat di bawah ini.

1. Penyebab terjadinya Panu

Panu disebabkan oleh seseorang yang sedang berkeringat lalu membasuh mukanya dengan air dengan tujuan agar keringatnya tersapu. Jadi bukan karena jarang mandi. Nah, sekarang ketahuankan? Sering membasuh muka dengan air saat berkeringat? Benar tidak?

Faktor lainnya yang juga menimbulkan penyakit panuan:

  • Lembab dan panas di lingkungan sekitar, dari pakaian ketat atau tidak menyerap keringat.
  • Kegemukan.
  • Keringat yang berlebihan.
  • Keseimbangan flora tubuh terganggu, biasanya karena pemakaian antibiotik atau hormonal dalam jangka waktu panjang.
  • Dari keturunan.


2. Cara mengatasi Panu

Nah, tadi penyebab panu pada tahu. Sebelum itu, ada yang bertanya nih.

"Bagaimana kalau disebabkan oleh keturunan? Apakah bisa disembuhkan?"

Untuk masalah ini, para ahli sepakat dan telah mempraktikkan bahwa meski dari keturunan tetap dapat diobati. Jadi Anda jangan khawatir.

Sekarang, bagaimana cara mengatasinya? Cara mengatasinya cukup mudah, coba ikuti instruksi berikut:


  • Jangan membasuh wajah dengan air saat berkeringat


Ini merupakan cara alami yang setidaknya dapat mengurangi Panu pada wajah. Dengan mengikuti cara ini, Insya Allah, dengan seizinNya maka Panu akan berkurang dari waktu ke waktu. Bila sedang berkeringat, ganti penggunaan air dengan handuk muka, ini merupakan cara paling aman.

  • Kurangi aktivitas Berenang pada saat musim kemarau


Nah, ini dia. Karena melakukan aktivitas Berenang, habis itu lagi panas-panasnya. Maka Panu bisa muncul pada saat itu. Jadi, lebih baik dikurangi aja ya. Kalaupun memang senang Berenang, coba gunakan Krim matahari agar wajah tidak belang-belang.

  • Gunakan Krim Wajah yang berefek dapat mencegah Panu


Setelah semua cara alami gagal Anda terapkan, maka cara ini dapat dijadikan alternatif. Ingat, ini hanya alternatif, jadi kalau cara yang natural masih bisa, mengapa tidak? Sebetulnya saya sendiri masih belum mengetahui adakah Krim ini? Tapi mungkin saja ada, coba Anda search di Mbah Google, biasanya banyak.


Nah, itu dia tadi review kami mengenai Panu pada Tubuh dan cara mengatasinya. Semoga dapat bermanfaat ya sobat, selamat mencoba!

Related Posts

Penyebab Panu Pada Tubuh dan Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh